Jurnal Tatsqif
Vol. 15 No. 1 (2017): MODEL DAN INSTRUMEN PEMBELAJARAN

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TES TERTULIS BENTUK URAIAN UNTUK PEMBELAJARAN PAI BERBASIS MASALAH MATERI FIQH

Mochamad Zaenal Muttaqin (Yayasan Pondok Pesantren Khozinul Ulum, Sidoarjo)
Kusaeri Kusaeri (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan instrumen penilaian tes tertulis bentuk uraian non objektif untuk pembelajaran agama Islam berbasis masalah pada materi Fiqh. Tes tertulis yang dikembangkan didesain dengan mengacu pada Taksonomi Bloom edisi revisi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri dari tujuh langkah, yaitu: (1) menyusun spesifikasi tes (2) menulis soal (3) menelaah soal (4) memperbaiki tes (5) melakukan uji coba (6) menganalisis butir soal (7) menafsirkan hasil uji coba. Uji coba instrumen dilakukan di MTSN 4 Sidoarjo, pemilihan subjek coba dilakukan dengan teknik sampel acak sederhana. Pengujian kualitas instrumen menggunakan bantuan software excel. Parameter butir dianalisis menggunakan teknik klasik yang meliputi: tingkat kesulitan dan daya pembeda soal. Validitas isi instrumen diperoleh dari penilaian pakar dengan menggunakan lembar validasi. Reliabilitas tes dianalisis menggunakan persamaan Flanagan. Penelitian ini menghasilkan enam butir soal tes tertulis bentuk uraian non objektif untuk pembelajaran agama Islam berbasis masalah. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen yang dihasilkansangat valid dengan rata-rata total validitas sebesar 3,6. Butir-butir tes memiliki parameter tingkat kesulitan pada rentang 0,3 – 0,7 dengan indeks kesulitan terrendah adalah 0,53 dan tertinggi adalah 0,70. Daya pembeda berada pada rentang 0,3-0,4 dengan indeks daya pembeda terendah adalah 0,24 dan tertinggi 0,36. Instrumen memiliki reliabilitas yang sangat tinggi yaitu 0,819.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

tatsqif

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Tatsqif (e-ISSN: 2503-4510; P-ISSN:1829-2940) is a peer-reviewed and nationally indexed Journal that focuses on ideas and research in Education. It is bi-annually published (June and December) and managed under the auspices of Fakultas Tabiyah dan Keguruan UIN Mataram. The issues covered but ...