Jurnal Manarang Manajemen dan Bisnis
Vol 1 No 01 (2022): October

Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada 4 Rumah Makan di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene)

Rahmat Ghazali (Fakultas Ekonomi, Universitas Sulawesi Barat)
Muhammad Nishar (Unknown)
Hamsyah (Unknown)
Erwin Erwin (Fakultas Ekonomi, Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kepercayaan dan komitmen terhadap loyalitas pelanggan pada 4 Rumah Makan di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat. Adapun permasalahan dalam skripsi ini, sebagai berikut: 1) Apakah kepercayaan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada 4 Rumah Makan di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat, 2) Apakah komitmen berpengaruh terhadap terhadap loyalitas pelanggan pada 4 Rumah Makan di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat, 3) Apakah kepercayaan dan komitmen berpengaruh secara bersama – sama/ Simultan terhadap loyalitas pelanggan pada 4 Rumah Makan di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh kepercayaan dan komitmen terhadap loyalitas pelanggan di Kecamatan Pamboang, Penelitian ini menggunakan metode kuantatif degan jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif sumber data ialah data primer dan data sekunder. Selanjutnya, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi tersebut adalah kuesioner, wawancara, observasi, studi dokumentasi dan penulusuran referensi. Kemudian teknik analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yakni : regresi berganda, penujian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai t-hitung 4,739 > t-tabel 1,661. Kedua, Komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai t-hitung 8,385 t-tabel 1,661. Ketiga, kepercayaan dan komitmen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005 dengan nilai F-hitung 77,717 > F-tabel 3,09

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

manarang

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk menyediakan tempat bagi akademisi, peneliti dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitian asli atau artikel ulasan. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik, termasuk: Manajemen keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen ...