Permasalahan penelitian ini difokuskan pada kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi. Pemanfaatan media poster dalam pembelajaran menulis, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis wacana eksplanasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental design, dengan jenis one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas SMP Bina Negara 2 Baleendah yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam menulis wacana eksplanasi sebelum diberi treatment pembelajaran dengan menggunakan media poster diperoleh skor rata-rata kelas sebesar 65. Hasil belajar siswa dalam menulis teks eksplanasi sesudah treatment pembelajaran menggunakan media poster diperoleh skor rata-rata kelas sebesar 80,83. Melalui perhitungan uji-t hasil thitung (17,86) dan ttabel (1,70) pada taraf kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 29, terbukti bahwa thitung lebih besar dari ttabel, maka perbedaan rata-rata hasil kedua tes (pretest dan postest) terbukti signifikan. Dengan demikian media poster dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis.
Copyrights © 2021