Metamorfosis: Jurnal Bahasa Sastra Indonesia dan Pengajarannya
Vol. 15 No. 1 (2022): METAMORFOSIS Edisi Bulan April 2022 | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Peng

KARAKTERISTIK TOKOH UTAMA PEREMPUAN DALAM NOVEL KALANGKANG JAPATI KARYA AAM AMILIA UNTUK ALTERNATIF BAHAN PEMBELAJARAN MEMBACA NOVEL SUNDA DI SMA: (Kajian Struktural dan Psikologi Sastra)

Vivi Sopiatu Darojah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dedi Koswara (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan untuk meneliti karakteristik tokoh utama perempuan yang banyak mendapatkan masalah dalam kehidupanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur cerita novel Kalangkang Japati, karakteristik tokoh utama perempuan novél Kalangkang Japati, serta penerapan hasil penelitian untuk alternatif bahan pembelajaran membaca novel Sunda di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik studi pustaka. Hasil penelitian ini yaitu: 1) tema dalam novel Kalangkang Japati yaitu tentang kejiwaan: buruk sangka karena rasa tidak nyaman dalam batin. Alur dalam penelitian ini yaitu alur sorot balik. Terdapat 30 tokoh, yang menjadi tokoh utama yaitu Anggina dan Jaya. Terdapat 28 latar tempat, 29 latar waktu dan 4 latar sosial. Judul sesuai dengan isi cerita yang mengisahkan tokoh Anggina, sudut pandang menggunakan sudut pandang orang ketiga, dan terdapat 3 gaya bahasa; 2) karakteristik tokoh Anggina berdasarkan aspek id, ego dan superego di antaranya mudah sakit hati, sulit melupakan masalah, mudah menangis, penyayang, suka menyiksa diri sendiri, penurut, mudah putus asa, lama mengambil keputusan, buruk sangka, lari dari masalah, keras kepala, sopan, religius dan teguh pendirian; dan 3) hasil dari penelitian ini bisa dijadikan bahan pembelajaran membaca novel Sunda di SMA kelas XI.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

metamorfosis

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

METAMORFOSIS merupakan terbitan jurnal ilmiah dalam lingkup kebahasaan, Sastra, dan pengajarannya yang dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung untuk mempublikasikan hasil karya tulis ilmiah Dosen maupun ...