JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di MTs Hifzil Quran Medan

Ganna Suryadi (Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan)
Haholongan Simanjuntak (Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas terbuka)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk melihat bagaimana kemampuan representasi matematika siswa kelas VII MTs Hifzil Quran Medan setelah di belajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa kelas VII MTs Hifzil Quran Medan dalam menyelesaikan tes kemampuan representasi matematis setelah dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas VII-4 MTs Hifzil Quran Medan T.A 2021/2022. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan representasi matematis siswa dan pedoman wawancara. Perangkat pembelajaran yang disiapkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk 2 pertemuan. Tes kemampuan representasi matematis siswa sudah valid untuk setiap butir soal. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa: tingkat kemampuan representasi matematis 30 dari siswa dengan kemampuan representasi matematis kurang sebanyak 33,33%, kemampuan representasi sedang sebanyak 40%, kemampuan representasi tinggi sebanyak 13,33%, dan kemampuan representasi sangat tinggi sebanyak 13,33%. Perolehan perindikator dari kemampuan yaitu: (1) representasi visual, siswa dengan tingkat keemampuan representasi visual kategori sangat tinggi sebanyak 4 orang siswa (13,33%), untuk kategori tinggi sebanyak 9 orang siswa (30%), dan untuk kategori kurang sebanyak 17 orang siswa (56,66%). (2) representasi simbolik, siswa dengan kemampuan representasi simbolik kategori tinggi sebanyak 7 orang siswa (23,33%), untuk kategori kurang sebanyak 11 orang siswa (36,66%), dan untuk kategori sangat tinggi sebanyak 12 orang siswa (40%). (3) representasi verbal, siswa dengan kemampuan representasi verbal kategori tinggi sebanyak 4 orang siswa (13,3%), untuk kategori sangat tinggi sebanyak 7 orang siswa (23,33%), dan untuk kategori kurang sebanyak 19 orang siswa (63,33%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...