JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Pengaruh Perubahan Pembelajaran Daring Ke Pembelajaran Luring terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Wesley Marindal II

Evi Bunga Rosari Tumanggor (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Medan, Medan, Indonesia)
Pontas J. Sitorus (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Medan, Medan, Indonesia)
Beslina Afriani Siagian (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Medan, Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perubahan perubahan pembelajaran daring ke pembelajaran luring terhadap minat belajar siswa kelas VII SMP Wesley Marindal II. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. yang berupa angka dan analisis statistic untuk menganalisis data dan mengetahui pengaruh peralihan dari pembelajaran online ke offline terhadap minat belajar siswa di Sekolah Wesleyan Marindal II. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan alat angket atau kuesioner. Berdasarkan analisis angket dari 23 responden ternyata sebanyak 61.86% lebih memilih pembelajaran luring dibandingkan dengan memilih pembelajaran daring 44.95%. Alasan siswa mengalami lebih banyak hambatan belajar seperti sinyal tidak mendukung, sarana hp tidak memadai, kuaota internet tidak memadai. Siswa yang berminat belajar luring dengan alasan siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran, guru dapat secara langsung memantau perkembangan siswa, siswa merasakan lebih aktif dalam pembelajaran luring. Berdasarkan analisis homogenitas dan nilai probabilitas atau Sig 0.643 lebih besar dari 0.05 dan berdistribusi normal. Dengan demikian Ha diterima, yaitu perubahan pembelajaran daring ke luring berpengaruh terhadap minat belajar siswa yang artinya minat belajar siswa meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...