JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Relevansi Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Keterampilan Pembelajaran Abad 21

Dewi Kartini (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Ai Nurul Nurohmah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Dwi Wulandari (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Prihantini Prihantini (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi strategi pembelajaran problem based learning (PBL) dengan keterampilan pembelajaran abad 21. Penelitian dilakukan karena adanya problematika kehidupan yang semakin kompleks serta berkembang pesatnya teknologi yang termasuk ciri dari abad 21. Pendidikan harus mampu menyesesuaikan dengan kehidupan abad 21. Siswa harus mampu menjawab tantangan abad 21 dengan sebuah keterampilan, diantaranya keterampilan berpikir serta melek terhadap teknologi. Pada pembelajaran abad 21 guru harus mampu merancang pembelajaran dengan efektif, pemilihan model pembelajaran merupakan faktor yang harus diperhatikan oleh guru. Salah satu model pembelajaran yang digunakan pada abad 21 adalah model pembelajaran project based learning. Metode kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam menjawab permasalahan ini. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka seperti artikel ilimah, buku dan sumber lainnya yang dapat dipertanggungjawabkan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) relevan dengan keterampilan pembelajaran abad 21, salah satunya keterampilan berpikir dan menyelesaikan masalah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...