JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD

Alvira Oktavia Safitri (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Puji Ayu Handayani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Vioreza Dwi Yunianti (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Prihantini Prihantini (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 May 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar. Penulisan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan secara deskriptif, di mana dalam dasar pembahasannya mengambil dari hasil studi literatur, melalui beberapa sumber dari buku serta artikel ilmiah dan jurnal yang relevan dari hasil penelitian sebelumnya yang sesuai dengan topik pembahasan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, didapat bahwa model pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar siswa SD di beberapa sekolah dasar di Indonesia. Dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, siswa menjadi lebih mudah memahami materi pembelajaran dan aktif serta kreatif pada saat kegiatan pembelajaran. Model discovery learning juga dapat melatih daya berpikir kritis siswa SD. Dengan menerapkan metode pembelajaran discovery learning pada tingkat SD, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, serta siswa dapat lebih memahami suatu konsep dari pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...