JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Andriani Safitri (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Mei Nur Rusmiati (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Hafni Fauziyyah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Prihantini Prihantini (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui urgensi pemahaman guru mengenai karakteristik siswa sekolah dasar dalam efektivitas pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penulis menggunakan Pendekatan kualitatif untuk mendapatkan sumber data yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru harus memahami dan memperhatikan karakteristik peserta didik yang sesuai dengan usia perkembangannya yang dapat dibagi ke dalam kelas rendah dan kelas tinggi. Siswa SD pada umunya memiliki karakteristik yang dapat terlihat ketika dalam proses belajar yaitu kecenderungan untuk belajar secara konkret, integratif, dan hierarkis. Pembelajaran dapat berlangsung secara efeketif bila guru dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran yang dirancang Berdasarkan karakteristik siswa pada tingkatan sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...