JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pelaksanaan Permainan Tradisional Domikado untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Perwanida 1 Palembang

Litiyah Litiyah (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Yuniar Yuniar (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Nyimas Atika (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
29 May 2022

Abstract

Penelitian ini Berjudul "Pelaksanaan Permainan Tradisional Domikado Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Perwanida 1 Palembang ’’.penelitian ini di latar belakangi karena anak- anak lebih menyukai permainan modern di bandingkan dengan permainan tradisional dari hasil penelitian di RA perwanida 1 Palembang sudah sangat jarang sekali melakukan permainan tradisional Domikado bahkan banyak anak yang tidak mengetahui permainan tradisional domikado. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagai mana sistem permainan tradisional domikado dan aspek emosi apa saja yang dapat dikembnag kan melalui permainan tradiisional domikado. Jenis penelitian ini adalah Janis penelitian kualitatif dengan metede penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) observasi (2)wawancara (3) dokumen sedangkan teknik yang digunakan yang digunakan adalah reduksi data penyajian data, dan penarikan kesimpulan . hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional domikado sudah dilaksanakan namun belum efektif dan efisien sedangkan aspek emosi yang menonjol melalui permainan tradisional domikado di RA Perwanida 1 Palembang adalah senang, sedih rasa takut, malu, khawatir, cemas, marah, cemburu, duka cita, menmabah kepecayaan diri, kemandirian anak, mengambangkan kematangan kemampuan sosial emosiona anak, Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan anak merasa senang saat bermain

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...