JURNAL LITTERA: FAKULTAS SASTRA DARMA AGUNG
Vol 2 No 1 (2023): APRIL

AN ANALYSIS OF FIGURATIVE LANGUAGE USED IN COSMETIC ADVERTISEMENT ON INDONESIAN TELEVISION

Neneng Anjarwati Hutagalung (Universitas Darma Agung)
Sewistina Buulolo (Universitas Darma Agung)
Desmalia Purba (Universitas Darma Agung)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Artikel ini menganalisis tentang “Bahasa Kiasan yang digunakan dalam iklan kosmetik di Televisi Indonesia”. Permasalahan dari penelitian ini adalah jenis-jenis bahasa kiasan, jenis Bahasa Kiasan yang paling Dominan dan alasan mengapa Bahasa Kiasan itu digunakan. Skripsi ini dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dan dengan menerapkan metode penelitian kepustakaan dimana beberapa referensi diambil dari beberapa buku-buku sumber. Jenis Bahasa Kiasan tersebut adalah Personifikasi, Hyperbole, Repetisi, Metaphor, dan Simile. Hasil dari penelitian ini menemukan 5 Bahasa Kiasan yang ditemukan dalam 37 Iklan Kosmetik. Ada Personifikasi (24,32%), Hiperbola (21,62%), Repetisi (10,81%), Metapor (37,84%), Simile (5,41%). Dan jenis paling Dominan dari lima Bahasa Kiasan adalah Metapor.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

littera

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ONLINE ISSN 2657-0084 PRINT ISSN 2089-0273 Littera Journal is one of the publications media of research results from academicians, researchers and practitioners. Littera journal is also expected to be a media for disseminating information development from Literature and various linguistic ...