SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2023): SABAJAYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Pelatihan Strategi Digital Marketing Terhadap UMKM Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang

Sutrisno (Universitas PGRI Semarang)
Rifki Hermana (Universitas PGRI Semarang)
Aan Burhanudin (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2023

Abstract

Tujuan kegiatan PkM ini agar memberikan keberadaan UMKM mampu mendongkrak perekonomian seiring berkembangnya era persaingan bebas, seperti WTO, AFTA, APEC, dan AEC, dan agar selalu siap menghadapi krisis ekonomi global. Berkaitan dengan era persaingan tersebut, maka UMKM dituntut untuk selalu meningkatkan daya saingnya agar dapat terus berjalan dan berkembang. Metode kegiatan Pk Mini menggunakan metode sosialisasi. Salah satunya adalah dengan menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai penunjang kegiatan usahanya. Digital marketing adalah sebuah produk teknologi informasi dimana berupa kegiatan mempromosikan produk dan atau jasa melalui media internet. Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menyatakan bahwa dari 58 juta UMKM baru 3.78 juta saja atau sekitar 8% yang sudah memanfaatkan digital marketing dalam menunjang kegiatan bisnisnya sedangkan fakta menunjukkan bahwa pemanfaatan digital marketing untuk pemasaran produk dan jasa terbukti mampu meningkatkan penghasilan UMKM hingga sampai 26% (bisnis.com)

Copyrights © 2023