Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 12, No 1 (2023)

Pengaruh Teknik Collaborative Strategic Reading (CSR) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MAN 2 Padang

Falmitha Gusdilla (Universitas Negeri Padang)
Afnita Afnita (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Padang sebelum dan sesudah menggunakan teknik Collaborative Strategic Reading serta menganalisis pengaruh teknik Collaborative Strategic Reading terhadap keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Sampel dari penelitian ini adalah kelas XI IPA 9 yang berjumlah 36 siswa melalui teknik penarikan data secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data ini sebagai berikut. Pertama, melakukan pretest keterampilan membaca. Kedua, lembaran hasil kerja diberikan skor. Ketiga, melakukan proses pembelajaran menggunakan teknik Collaborative Strategic Reading. Keempat, siswa mengerjakan posttest keterampilan membaca. Kelima, lembaran hasil posttest diberikan skor. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa XI MAN 2 Padang sebelum menggunakam teknik CSR berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Kedua, keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa XI MAN 2 Padang sesudah menggunakam teknik CSR berada pada kualifikasi Baik. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan teknik CSR terhadap keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai keterampilan membaca pemahaman sesudah menggunakan teknik CSR terhadap siswa kelas XI MAN 2 Padang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai keterampilan membaca pemahaman sebelum menggunakan teknik CSR terhadap siswa kelas XI MAN 2 Padang. Berdasarkan uji-t disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima dengan taraf signifikansi 95% dan dk=(n-1) karena thitung > ttabel (3,48 > 1,70).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pbs

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (E-ISSN 2302-3503) is a peer-reviewed scientific open access journal. It has been published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ...