Fenomena Fear of Missing Out atau FoMO adalah istilah pola perilaku seseorangyang selalu merasa khawatir berlebihan, cemas, dan merasakan ketakutan akan tertinggalinformasi yang biasanya bersumber dari media sosial. Instagram sebagai salah satu mediasosial yang populer memiliki fitur di mana pengguna dapat bertukar dan mendapatkaninformasi baik dari orang yang dikenal maupun tidak dikenal yang menjadi salah satusarana bagi seseorang untuk tetap menjalankan interaksi sosial. Hal ini membuatmasyarakat khususnya remaja memiliki intensitas penggunaan media sosial yang tinggidalam memenuhi kebutuhan kognifit, afektif, dan integrasi personal. Penelitian iniditujukan untuk mengetahui kecenderungan Fear of Missing Out pada remaja dan peranperancang artistik dalam membantu menyampaikan pesan melalui visual dalam film fiksi.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berupa observasi, wawancara,kuesioner, serta analisis visual pada karya sejenis sebagai referensi. Hasil dariperancangan film ini diharapkan menjadi media informasi sebagai bentuk pengenalanterhadap kecenderungan dan potensi Fear of Missing Out dari penggunaan media sosial.Kata kunci: perancang artistik, fomo, remaja, instagram, smartphone
Copyrights © 2023