Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua
Vol 8, No 1 (2023): Metalingua, Edisi April 2023

Campur Kode dan Alih Kode Tuturan Guru dalam Proses Belajar Mengajar pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1 MI NU Umbul Sari Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja

Sugiarti Sugiarti (Universitas Nurul Huda Sukaraja OKU Timur)
Resti Septika Sari (Universitas Nurul Huda Sukaraja OKU Timur)
Indah Sulmayanti (Universitas Nurul Huda Sukaraja OKU Timur)
Zulaikah Zulaikah (Universitas Nurul Huda Sukaraja OKU Timur)
Safitri Safitri (Universitas Nurul Huda Sukaraja OKU Timur)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2023

Abstract

Ketika melakukan komunikasi, terkadang seseorang mencampurkan beberapa kata dari bahasa untuk memudahkan penyampaian maksud dan tujuan. Masalah penelitian ini adalah bagaianakah campur kode dan alih kode tuturan guru dalam proses belajar mengajar pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 MI NU Umbul Sari?. Sedangkan tujuanya mendeskripsikan fungsi campur kode dan alih kode bagi guru dan siswa kelas MI NU Umbul Sari Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa. Teknik pengupulan data yakni teknik simak. Hasil penelitian ini menunjukkan Wujud alih kode terjadi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas I MI NU Umbul Sari Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja berupa alih kode intern. Campur kode digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan agar siswa tidak merasa bosan dan lebih mudah memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Selain itu, untuk menambah keakraban antara guru dan siswa sehingga proses belajar mengajar menjadi menarik dan lancar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

metalingua

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Metalingua journal is a journal that focuses on the problems that occurred in the field of education, language, and Indonesian literature. Metalingua facilitate the research of teachers, lecturers, postgraduate research students and experts who participate actively in the Indonesian language and ...