Tujuan ipenelitian iini iuntuk imengetahui idan imenganalisis ipengaruh kepemimpinan, ibudaya isekolah, isupervisi iakademik, idan imotivasi iterhadap kinerja iguru iSMA iNegeri idi iKecamatan iSagulung iKota iBatam ibaik isecara parsial imaupun isimultan. iJenis ipenelitian iini iadalah ipenelitian ikuantitatif. Populasi ipenelitian iini iadalah iseluruh iguru iPNS iSMA iNegeri idi iKecamatan Sagulung iKota iBatam iTahun iPelajaran i2020/2021 idengan ijumlah iguru sebanyak i102 iorang iguru. iTeknik ipengambilan isampel idilakukan idengan teknik iSampling iJenuh. iData idiperoleh idengan imenggunakan iinstrumen iangket yang itelah idiuji ivaliditas idan ireliabilitasnya. iHasil ipenelitian imenunjukkan bahwa: ikepemimpinan iberpengaruh isignifikan isecara iparsial iterhadap ikinerja guru, ibudaya isekolah iberpengaruh isignifikan isecara iparsial iterhadap ikinerja guru, isupervisi iakademik iberpengaruh isignifikan isecara iparsial iterhadap kinerja guru, idan imotivasi iberpengaruh isignifikan isecara iparsial iterhadap ikinerja guru. Kepemimpinan, ibudaya isekolah, isupervisi iakademik, idan imotivasi iberpengaruh yang isignifikan isecara isimultan iterhadap ikinerja iguru.
Copyrights © 2022