eProceedings of Applied Science
Vol 9, No 2 (2023): April 2023

Aplikasi Layanan Administrasi Kelurahan Kuta Gambir, Medan, Sumatera Utara (Modul Penduduk, Approval Oleh Lurah dan Pemerintah Kelurahan)

Gina Natasya Maharaja (Telkom University)
Wawa Wikusna (Telkom University)
Tedi Gunawan (Telkom University)



Article Info

Publish Date
08 May 2023

Abstract

Abstrak—Kantor kelurahan merupakan salah satu tempat pelayanan penduduk untuk pembuatan surat-surat keterangan. Setiap tahunnya jumlah penduduk setiap kelurahan terus bertambah, tentunya akan berbanding lurus dengan data administratif yang juga akan terus bertambah sehingga pengelolaannya pun akan semakin sulit dengan metode manual. Dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, hal ini tentu bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, layanan kantor Kelurahan juga dapat menerapkan perkembangan teknologi melalui pembuatan sistem informasi dan layanan pemrosesan data dan surat untuk penduduk. Sistem informasi ini dikembangkan untuk membantu penduduk yang ingin mengajukan pembuatan surat dan untuk memudahkan aparat kelurahan khususnya bagian umum dalam memberikan pelayanan pembuatan surat. Tujuan lain dari sistem ini adalah agar pengolahan data di kantor kelurahan lebih efisien, efektif. dan terkomputerisasi. Dalam proyek ini digunakan metode waterfall yang terdiri atas tahap requirements, analysis, design, implementation, testing, dan maintenance. PHP, framework CodeIgniter, serta database MySQL adalah merupakan tools yang digunakan dalam pembangunan aplikasi ini. Hasil akhir yang diperoleh adalah sebuah Aplikasi Layanan Administrasi Kelurahan (LANDAS) yang memiliki fitur utama : input permohonan, proses surat, pengesahan surat, dan fitur tambahan lainnya.Kata kunci—sistem informasi, aplikasi, pelayanan administrasi, penduduk, aparat kelurahan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

appliedscience

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering

Description

Merupakan media publikasi proyek akhir keahlian vokasi lulusan Universitas Telkom. Karya tulis proyek akhir keahlian vokasi yang diunggah melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...