Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)

Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Mengingat Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MI Zainul Anwar Alassumur

Siti Maria Ulfa (UNZAH Universitas Zainul Hasan Genggong)
Abdul Yazid Adnan Quthny (Universitas Zainul Hasan Genggong)
Choerul Anwar Badruttamam (Universitas Zainul Hasan Genggong)



Article Info

Publish Date
06 May 2023

Abstract

Al Qur’an Hadits adalah merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk masa depan, guna untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam memahami isi kandungan surah – surah dalam Al – Qur’an. Dalam pembelajaran Al – Qur’an Hadits masih membutuhkan perencanaan dan persiapan yang baik agar proses KBM Kegiatan Belajar Mengajar dan penilaian serta hasil dari akhir pembelajaran selaras dengan apa yang diiginkan. Alat bantu yang digunakan dalam pembelajaran Al – Qur’an Hadits ini berupa metode yakni metode bernyanyi. Metode bernyanyi sangatlah unik dan bahkan menyenangkan bagi peserta didik yang masih menduduki di Madrasah Ibtidaiyah, metode bernyanyi juga dapat mempercepat ingatan dalam memahami isi kandungan dalam beberapa surah – surah yang dipelajari. Pemanfaat metode bernyanyi ini guna untuk peserta didik menghafal tanpa paksaan, dengan bernyanyi lalu menyukai nyanyian, peserta didik akan terbiasa dengan lagu yang dikarang oleh guru yang sesuai degan materi. Kemajuan terus meningkat beberapa metode telah dilaksanakan, namun dalam penelitian ini metode bernyanyi ini memiliki perkembagan yang lebih mudah dari pada sebelumnya. Misalnya, dengan menggunakan metode bernyanyi peserta didik akan lebih ceria dan bahkan ingin terus bernyanyi dengan tanpa disadari peserta didik hafal bahkan memahami disetiap sya’ir lagu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...