Penelitian dilakukan untuk memperoleh sebuat data tentang implementasi perangkat pembelajaran terpadu guna upaya integrase nilai-nilai Islam dalam pembelajaran di SDIT Al-Fityan Medan. Selain itu juga untuk mengetahui terkait perencanaan guru dalam menghapuskan paradigma dikotomi keilmuan antara ilmu sains dan Islam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dengan harapan data yang diperoleh dapat komperhensif dan mendalam. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara secara mendalam serta dokumentasi terkait RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru di SDIT Al-Fityan Medan telah melakukan pembaharuan kurikulum dengan memasukkan nilai-nilai Islam kedalmnya. (2) Implementasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran terlihat ketika guru mengajar tentang pertumbuhan dan perkembangan secara sains yang dikaitkan dengan ayat-ayat al-Qur’an yang membahas tentang penciptaan manusia. Sehingga pembelajaran yang diterapkan guru dinyatakan telah menyeluruh.
Copyrights © 2023