Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)

Analisis Integrasi Nilai- Nilai Islam Dalam Pembelajaran Di SD Islam Terpadu Al-Fityan Medan Sumatera Utara.

Juni Sahla Nasution (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Siti Fatonah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Sapri Sapri (UIN Sumatera Utara)
Maya Siti Sakdah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
06 May 2023

Abstract

Penelitian dilakukan untuk memperoleh sebuat data tentang implementasi perangkat pembelajaran terpadu guna upaya integrase nilai-nilai Islam dalam pembelajaran di SDIT Al-Fityan Medan. Selain itu juga untuk mengetahui terkait perencanaan guru dalam menghapuskan paradigma dikotomi keilmuan antara ilmu sains dan Islam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dengan harapan data yang diperoleh dapat komperhensif dan mendalam. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara secara mendalam serta dokumentasi terkait RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru di SDIT Al-Fityan Medan telah melakukan pembaharuan kurikulum dengan memasukkan nilai-nilai Islam kedalmnya. (2) Implementasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran terlihat ketika guru mengajar tentang pertumbuhan dan perkembangan secara sains yang dikaitkan dengan ayat-ayat al-Qur’an yang membahas tentang penciptaan manusia. Sehingga pembelajaran yang diterapkan guru dinyatakan telah menyeluruh.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...