Ketepatan pemilihan media pembelajaran dalam mendorong ketercapaian hasil belajar siswa dalam seluruh kompetensi yang akan dikembangkan membutuhkan pertimbangan yang komprehensif. Tataran efektif dan efisien tentu menjadi unsur utama, namun juga harus mengandung dimensi aktif, inovatif dan menyenangkan. Mempertimbangkan perkembangan psikologis peserta didik juga merupakan salah satu langkah yang perlu diperhatikan. Usia siswa pada sekolah dasar/madrasah cenderung lebih pada konteks proses pembelaran learning by doing dan learning is fun. Pembuatan hidroponik merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh guru dalam menyediakan media pembelajaran untuk meningkatkan peduli lingkungan dan kecerdasan naturalis siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan wadah guru dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan hidropronik sebagai media pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan dalam 3 tahapan, pertama praktek pembuatan hidroponik, kedua yaitu pembibitan tanaman, dan ketiga penggunaan hidroponik sebagai media pembelajaran siswa. Hasil pelaksanaan pengabdian, guru memiliki pengetahuan dalam pembuatan hidroponik serta cara memanfaatkannya sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan peduli lingkungan dan kecerdasan naturalis siswa MIN 2 Jember.
Copyrights © 2023