Allemania
Vol 11, No 2 (2021): Allemania - Desember 2021

PENERAPAN METODE REGENBOGENWÖRTER DALAM PEMBELAJARAN NOMINA BAHASA JERMAN

Mustika Indah Sari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Amir Amir (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dani Hendra (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2021

Abstract

Salah satu kosakata yang harus dikuasai oleh siswa dalam mempelajari bahasa Jerman adalah nomina. Nomina dalam bahasa Jerman memiliki karakteristik yang cukup mudah untuk dikenali yaitu pada awal kata selalu ditulis dengan huruf kapital dan semua nomina pasti memiliki artikel. Akan tetapi, berdasarkan dari pengalaman penulis ketika melaksanakan praktik Pengenalan Lapangan Satuan Pendidikan (PLSP) di sekolah, siswa mengalami kesulitan dalam penguasaan nomina. Metode Regenbogenwörter merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam meningkatkan penguasaan nomina bahasa Jerman siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Pembelajaran nomina bahasa Jerman siswa sebelum penerapan metode Regenbogenwörter. 2) Pembelajaran nomina bahasa Jerman siswa setelah penerapan metode Regenbogenwörter. 3) Efektivitas metode Regenbogenwörter untuk meningkatkan pembelajaran nomina bahasa Jerman siswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment atau Eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bandung Tahun Ajaran 2020/2021, adapun sampel yang mewakili populasi adalah siswa kelas XI IBB sebanyak 25 orang. Disebabkan karena adanya penyebaran wabah Corona Virus Disease (COVID-19) maka perlakuan menggunakan aplikasi WhatsApp Group dan Zoom Meeting yang disebut sebagai pembelajaran dalam jaringan. Adapun hasil analisis data menunjukan bahwa nilai rata-rata tes awal siswa adalah 53,40, termasuk katagori “kurang baik” sedangkan nilai rata-rata tes akhir siswa adalah 81,20, termasuk katagori “baik”. Terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil tes awal (pretest) dan hasil tes akhir (posttest). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Regenbogenwörter efektif untuk meningkatkan pembelajaran nomina bahasa Jerman. Maka, metode Regenbogenwörter dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran nomina bahasa Jerman.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

allemania

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Bahasa dan Sastra Jerman. ISSN: 2088-7582 Terbit setahun dua kali setiap bulan Juni dan Desember, berisikan artikel hasil penelitian, kajian (teori maupun aplikasi) serta resensi pustaka sekitar pendidikan bahasa dan sastra ...