Telah dilakukan implementasi computational thinking pada mata pelajaran IPA pada pokok bahasan lingkungan rumah sehat dan lingkungan rumah tidak sehat. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan hasil implementasi pendekatan computational thinking pada mata pelajaran IPA di kelas III Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain penelitian single one shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan computational thinking peserta didik kelas III tuntas. Hal tersebut dilihat dari nilai rata rata kelas pada indikator dekomposisi memperoleh nilai 82.85, pada indikator abstraksi memperoleh rata rata nilai 82, pada indikator algoritma memperoleh rata rata nilai 82.25, sehingga ketuntasan peserta didik tercapai. Hal ini didukung dengan penilaian yang dilakukan oleh teman sejawat yang memperoleh skor rata rata 3.8 kategori sangat baik, sehingga pembelajaran yang dilakukan dikatakan berhasil. Peserta didik merasa sangat senang ketika mengikuti proses pembelajaran, hal ini dibuktikan dari hasil kuesioner yang sudah dilakukan, yaitu terdapat 18 peserta didik yang sangat senang dan terdapat 2 peserta didik yang senang, tidak terdapat peserta didik yang tidak senang dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut respon peserta didik melalui kuisioner dikatakan berhasil. Kata kunci: computational thinking, IPA, lingkungan rumah sehat, lingkungan rumah tidak sehat.
Copyrights © 2023