Wahana Didaktika
Vol. 21 No. 2 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

Piawai Menulis Melalui Inovasi Teknik Beyond Centra And Circle Time Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Era Merdeka Belajar

Yulia Wahyuningsih (Universitas Muhammadiyah Lampung)
Gali Alrajafi (Universitas Muhammadiyah Lampung)
Abdul Rasyid (Universitas Muhammadiyah Lampung)



Article Info

Publish Date
11 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pengajaran keterampilan menulis dengan menggunakan inovasi metode Beyond Center dan Circle Time. Menggunakan metode Beyond Center dan Circle Time tentunya bisa menjadi cara yang efektif untuk siswa untuk mengajar dan belajar bahasa Inggris. Peneliti telah melakukan beberapa langkah pada siklus pertama. Yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengamatan dilakukan pada siklus kedua. Semua kegiatan selama proses belajar mengajar telah diamati. Mereka adalah sebagai berikut: 1). Sebagian besar siswa termotivasi, antusias dan tertarik dengan proses pembelajaran, 2). Banyak siswa yang berpendapat bahwa metode beyond center dan circle time lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks naratif siswa, 3). Skor rata-rata dikategorikan berhasil. Berdasarkan perbandingan skor pretest dan posttest, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan inovasi Beyond Center and Circle Time (BBCT). Metode ini dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis peserta English Club di Universitas Muhammadiyah Lampung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...