Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran pengajaran keterampilan menulis dengan menggunakan inovasi metode Beyond Center dan Circle Time. Menggunakan metode Beyond Center dan Circle Time tentunya bisa menjadi cara yang efektif untuk siswa untuk mengajar dan belajar bahasa Inggris. Peneliti telah melakukan beberapa langkah pada siklus pertama. Yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengamatan dilakukan pada siklus kedua. Semua kegiatan selama proses belajar mengajar telah diamati. Mereka adalah sebagai berikut: 1). Sebagian besar siswa termotivasi, antusias dan tertarik dengan proses pembelajaran, 2). Banyak siswa yang berpendapat bahwa metode beyond center dan circle time lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks naratif siswa, 3). Skor rata-rata dikategorikan berhasil. Berdasarkan perbandingan skor pretest dan posttest, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan inovasi Beyond Center and Circle Time (BBCT). Metode ini dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis peserta English Club di Universitas Muhammadiyah Lampung.
Copyrights © 2023