Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Peningkatan Proses Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 11 Padang Panjang Barat

Tasya Ratih Anjelina (Universitas Negeri Padang)
Zuryanty Zuryanty (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
20 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari proses pembelajaran tematik terpadu kurang mengorientasikan siswa pada masalah. Dengan pemanfaatan model Problem Based Learning (PBL) peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan PTK yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Hasil penelitian adalah siklus I pertemuan I, RPP mendapat skor 86,1% meningkat pada siklus kedua menjadi 91%, Pelaksanaan aspek guru mendapat skor 78,6% meningkat menjadi 92% pada siklus II , dan pelaksanaan aspek siswa mendapat skor 75% juga meningkat menjadi 92.8% pada siklus II. Dengan demikian model PBL dapat meningkatkan proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...