Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema 1 Kelas IV SDN 095552 jln. Asahan

Sri Susanti Siallagan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Rio Parsaoran Napitupulu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)
Radode K. S imarmata (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada sub tema 1 kelas IV SD Negeri 095552 Jln.Asahan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 095552 Jln.Asahan dengan jumlah 26 siswa, jenis penelitian yang digunakan Pre Experimental Design dengan menggunakan jenis desain One Group Pre-test dan Post-test, hasil belajar siswa dapat berpengaruh dengan melibatkan siswa untuk berdiskusi dengan teman kelompok. Nilai siswa di SDN 095552 Jln. Asahan sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berturut-turut adalah rendah (rata-rata = 41,35, standar deviasi = 12,329) dan tinggi (rata-rata = 83,03, standar deviasi = 14,299). Hipotesis alternatif (Ha) harus diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak jika dan hanya jika t hitung = 14,475 pada taraf signifikansi 0,000, dan tabel > thitung = 14,475 > 12,329.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...