JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 5 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Hubungan Frekuensi Bermain Game Mobile Legend terhadap Tingkat Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar

Ahmad Aldhi Kurniawan (Universitas Muria Kudus, Indonesia)
M. Syaffruddin Kuryanto (Universitas Muria Kudus, Indonesia)
Diana Ermawati (Universitas Muria Kudus, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara frekuensi bermain game Mobile Legends dengan interaksi sosial pada siswa di SDN 03 Temulus. Game online adalah permainan yang dimainkan di dalam suatu jaringan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah Populasi 22 siswa kelas V dan VI SDN 03 Temulus dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan menggunakan pengukuran skala likert, dan observasi. Serta menggunakan analisis deskriptif variabel, uji prasyarat analisis, dan analisis hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Hasil uji hipotesis dengan korelasi Product Moment diperoleh rhitung sebesar (-4,138) lebih besar dari rtabel Product Moment sebesar 2,093 pada taraf signifikansi 5%. Hasil menunjukkan bahwa rhitung > rtabel, sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara frekuensi bermain game Mobile Legends Bang-bang (X-1) dengan interaksi sosial siswa SDN 03 Temulus (Y). Profitabilitas berpengaruh negatif menunjukan hubungan terbalik (X naik dan Y turun). Artinya semakin tinggi frekuensi siswa dalam bermain game Mobile Legends (X-1), maka semakin rendah interaksi sosial yang dimiliki oleh siswa (Y). Frekuensi bermain game Mobile Legends terhadap interaksi sosial diperoleh rhitung sebesar 54,305 dengan profitabilitas berpengaruh negatif jika durasi dan frekuensi bermain game Mobile Legends naik maka interaksi sosial siswa akan menurun. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan signifikan yang berpengaruh negatif antara frekuensii bermain game Mobile Legends dengan interaksi sosial siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...