JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 5 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aumented Reality bagi Siswa Fisika dalam Proses Pembelajaran

Umi Kalsum (Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia)
Sardianto Markos Siahaan (Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia)
Syuhendri Syuhendri (Program Studi Magister Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya teknologi dalam dunia pendidikan yang semakin berkembang pesat diberbagai bidang termasuk bidang pendidikan. Perkembangan teknologi yang sangat pesat ini memunculkan berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan siswa untuk menunjang keberhasilan belajarnya. Dengan semakin berkembangnya teknologi, keberhasilan belajar siswa juga semakin meningkat pesat. Namun demikian, ada aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih lingkungan belajar yang sesuai dengan perkembangan teknologi, salah satunya adalah efektif, fungsional, praktis, dapat memotivasi siswa dan mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu aplikasi belajar yang berkembang saat ini adalah augmented reality. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dengan benda nyata secara bersamaan. Dalam aplikasi ini, setiap materi disajikan dengan gambar visual dalam format 3D dengan animasi, suara dan warna yang menarik yang dapat berfungsi sebagai alat bantu pembelajaran dan membantu siswa memahami materi. Lingkungan belajar yang menarik sangat penting bagi siswa di kelas fisika. Mengingat pembelajaran fisika merupakan pembelajaran yang abstrak, tidak sedikit siswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Langkah-langkah penelitian ini menggunakan kuesioner dalam bentuk google form yang kemudian disebar dan dianalisis sesuai dengan kebutuhan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk memfasilitasi pembelajaran khususnya di kelas fisika agar siswa dapat dengan mudah memahami materi, bersenang-senang, belajar secara inovatif dan interaktif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...