JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Tingkat Prokrastinasi Akademik Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Ampek Nagari Kabupaten Agam

Dessy Maulana (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang)
Alfurqan Alfurqan (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
08 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku peserta didik yang rawan prokrastinasi akademik ditinjau dari segi functional procrastination dan disfunctional procrastination pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Ampek Nagari Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuntitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Ampek Nagari dengan jumlah 422 siswa dengan sampel 205 orang. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner atau angket berdasarkan skala likert. Metode analisis data menggunakan metode statistik dengan metode persentase yang dilakukan setelah semua tanggapan diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat prokrastinasi akademik peserta didik pada umumnya berada pada tingkat yang tinggi. Peserta didik, yang menunjukkan tingkat penundaan akademik yang tinggi dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Tingkat prokrastinasi akademik peserta didik tinggi dalam hal tugas tertulis. Aspek tugas persiapan ujian tingkat prokrastinasi akademik peserta didik berada pada klasifikasi tingkat menengah. Tingkat prokrastinasi akademik peserta didik yang terkait dengan membaca dinilai sedang. Aspek tugas administrasi tingkat prokrastinasi akademik peserta didik berada pada kategori tinggi dan aspek tugas kehadiran kelas, tingkat prokrastinasi akademik peserta didik berada pada kategori sedang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...