JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengembangan Modul Biologi Berbasis Etnobotani Pada Materi Plantae Kelas X Madrasah Aliyah Islamiyah Kotapinang

Rizky Anisah Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Husnarika Febriani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Lailatun Nur Kamalia Siregar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan dan efektivitas pada modul biologi berbasis etnobotani pada materi Plantae kelas X Madrasah Aliyah Islamiyah Kotapinang. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model Borg And Gall yang dikembangkan oleh Sugiyono dengan 7 tahapan yaitu: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Ujicoba produk, 7) Revisi produk. Modul Biologi Berbasis Etnobotani dinilai oleh 1 orang validator ahli materi, 1 orang valdator ahli media 1 guru dan 40 orang peserta didik dari Madrasah Aliyah Islamiyah Kotapinang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentasi penelitian modul oleh ahli materi sebesar 90% dengan kriteria Sangat Layak, dari hasil ahli media sebesar 98% dengan kriteria Sangat Layak dan penilaian dari respon guru sebesar 81% dengan kriteria Sangat Layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Sementara itu, respon peserta didik diperoleh presentase keseluruhan uji kelompok kecil sebesar 89% dengan kriteria Sangat Layak, dan uji kelompok besar 94% dengan kriteria Sangat Layak hasil perolehan nilai rata-rata N-Gain score keaktifan belajar peserta didik yaitu 0,75 dan hasil perolehan presentasi nilai rata-rata N-Gain score pada hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 75,37%, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul biologi berbasis etnobotani tersebut layak dan efektif digunakan untuk kegiatan belajar khususnya pada materi Plantae divisi Angiospermae.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...