JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pemanfaatan Media Youtube dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Islam Al Khairiyah Delitua

Hanifah Rangkuti (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Masganti Sit (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 May 2023

Abstract

Pendidikan yang diberikan pada anak usia dini, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan perkembangan diri peserta didik, mulai dari aspek fisik motorik, agama dan moral, sosial emosional, hingga seni dan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji salah satu aspek pembelajaran bagi anak usia dini melalui pemanfaatan media Youtube di TK Islam Al Khairiyah Delitua. Pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif menjadi pilihan jenis metodologi penelitian. Adapun metode pengumpulan data menggunakan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Selanjutnya, dilakukan analisis terhadap data yang telah terkumpul melalui teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Akhirnya, data dinyatakan valid (absah) setelah diuji dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran bagi anak usia dini telah didasarkan pada aspek kegiatan dan kebutuhan belajar siswa. Dalam praktiknya, guru menentukan langkah-langkah dan SOP sebagai acuan pembuatan pembelajaran berbasis media Youtube. Melalui pemanfaatan media Youtube dapat memberikan pengajaran yang menyenangkan bagi anak usia dini, karena membuat anak tertarik, lebih mudah memahami materi ajar, fleksibel dan dapat digunakan dalam berbagai situasi, memiliki banyak fitur, serta penyimpanan video dalam waktu jangka panjang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...