JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Perhatian Orang Tua Terhadap Kegiatan Belajar Anak di Rumah (Studi Kasus di Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman)

Novia Yanti (STIT Syekh Burhanuddin Pariaman)
Permata Mulia Sari (STIT Syekh Burhanuddin Pariaman)



Article Info

Publish Date
09 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar anak di rumah. Hal ini berdasarkan hasil observasi bahwa orang tua kurang memperhatikan kegiatan belajar anak di rumah karena kesibukan mereka dalam bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, rendahnya pendidikan orang tua sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi mindset mereka dalam mendidik anak di rumah, serta mereka beranggapan bahwa anak-anak sudah besar dan tidak perlu lagi dikontrol untuk belajar di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang kendala-kendala apa saja yang dihadapi orang tua terhadap kegiatan belajar anak serta upaya yang dilakukan orang tua dalam mengatasi kendala-kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, banyaknya kendala orang tua dalam memperhatikan kegiatan belajar anak di rumah. Salah satunya adalah kurangnya kontrol dari orang tua terhadap kegiatan belajar anak sehingga anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu bermain di luar rumah bersama teman-temannya dan malampun dihabiskan dengan menonton televisi serta bermain HP.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...