Setiap perusahaan dituntut untuk membuat pelanggan merasa puas dengan memberikan penawaran dan pelayanan yang lebih baik, mengingat perusahaan harus mampu untuk mempertahankan posisi pasarnya ditengah persaingan dan mempertahankan citra yang baik di mata pelanggannya. Untuk itu perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada para pelanggan. Salah satu strategi yang dapat menunjang keberhasilan dalam bisnis bongkar muat barang adalah menawarkan kualitas jasa dengan kualitas pelayanan yang terbaik dalam menunjang kinerja dan performa dari pelayanan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen bongkar muat pada PT. Pelabuhan Indonesia IV (PERSERO) Cabang Kendari. Metode yang digunakan yaitu simple random sampling dengan melibatkan 58 responden. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder dikumpulkan melalui studi pustaka. Hasil penelitian menggunakan uji parsial menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif tetapi untuk variabel bukti fisik dan ke, handalan tidak signifikan untuk variabel daya tanggap. Jaminan dan empati itu signifikan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian menggunakan uji simultan menunjukan bahwa Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy (empati) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Kendari.
Copyrights © 2023