PENDIPA Journal of Science Education
Vol 7 No 1 (2023): February

Tingkat Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Banjir Masyarakat Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan: (Tingkat Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Banjir Masyarakat Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan)

Furqon Ashari Kumambouw (Universitas Negeri Jakarta)
Ilham Badaruddin Mataburu (Universitas Negeri Jakarta)
Muzani Jalaluddin (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
08 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan kesiapsiagaan bencana banjir masyarakat Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik skoring. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh penduduk di RW 10, 11, dan 12 Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan yang berjumlah 12.955 jiwa. Sampel pada penelitian ini adalah warga yang terdampak banjir dengan usia produktif yaitu usia 15-65 tahun pada wilayah RW 10, 11, dan 12 Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan yang berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu proporsional random sampling. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat pengetahuan kesiapsiagaan bencana banjir masyarakat Kelurahan Bukit Duri memiliki persentase sebesar 84,7% dan termasuk dalam kategori tinggi. Persentase tingkat pengetahuan yang tinggi ini diperoleh dari pengalaman para responden yang menetap di Bukit Duri dalam kurun waktu yang lama. Dari hasil yang diterima dari responden, sebanyak 91 responden telah menetap di Bukit Duri dalam kurun waktu lebih dari 10 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan kesiapsiagaan banjir masyarakat Bukit Duri dipengaruhi oleh pengalaman masyarakat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...