Banyak faktor yang memengaruhi proses pembelajaran yang harus diperhatikan oleh guru. Salah satu aspek penting dalam kualitas hidup seseorang adalah kemampuan untuk bertahan menghadapi kesulitan yang disebut Adversity Qoutient (AQ). AQ adalah kemampuan seseorang untuk bisa bertahan dalam menghadapi berbagai macam kesulitan hingga menemukan solusi atas kesulitan tersebut, menyelesaikan segalam macam permasalahan, mengurangi hambatan dan rintangan dengan mengubah cara berpikir dan sikap terhadap permasalahan tersebut. Ada banyak penelitian yang membahas tentang pengaruh Adversity Quotient terhadap literasi matematika siswa. Mengumpulkan dan menganalisis hasil-hasil penelitian tersebut perlu dilakukan guna memperoleh gambaran bagaimana pengaruh Adversity Quotient terhadap literasi matematis siswa. Metode Systematic Literature Review (SLR) digunakan untuk mensintesis studi yang relevan dengan tujuan penelitian ini. Dengan menggunakan mesin pencarian Google Schoolar, Libgen, diperoleh artikel sebanyak 16 yang diterbitkan dari tahun 2013 sampai tahun 2022 masuk kriteria yang kemudia dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa Adversity Quotient (AQ) memiliki pengaruh terhadap literasi matematis siswa. Siswa dengan tipe AQ Climbers memiliki kemampuan literasi matematis yang lebih baik dibandingkan dengan tipe Camper dan Quitter.
Copyrights © 2023