Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 2 (2023)

Pembelajaran Daring di PAUD Menggunakan Media Loose parts

Nurniawati Nurniawati (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia)
Heny Djoehaeni (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia)
Leli Kurniawati (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 May 2023

Abstract

Loose parts merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman nyata dengan bermain pada anak secara langsung. Namun pandemi Covid-19 membuat pembelajaran di sekolah beralih dari luring ke daring. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan media loose parts. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus pada tiga orang guru PAUD yang bekerja di sekolah dengan latar belakang berbeda. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara serta dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring di PAUD menggunakan media loose parts dilakukan dengan cara menggunakan platform zoom meeting, membagikan modul kepada orang tua siswa dan melaksanakan PTM terbatas. Sedangkan permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaannya adalah kurangnya motivasi anak, pendampingan guru serta orang tua dan media loose parts. Dengan begitu guru mencari solusi untuk mengatasi masalahnya yaitu menambah waktu zoom meeting atau PTM, mengadakan pertemuan orang tua dan program guru kunjung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...