Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 6 No. 2 (2023): August 2023

Upaya Peningkatan Kemampuan Calon Guru dalam Menyusun Program Pembelajaran melalui Diskusi Kelompok

M. Nasirun (Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Bengkulu)
Anni Suprapti (Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Bengkulu)
Mona Ardina (Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Bengkulu)
Indrawati (Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
13 May 2023

Abstract

Calon pendidik profesional harus memiliki pemahaman konsep yang benar terkait pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran. Penyusunan Rencana pembelajaran penting untuk dilakukan agar pelaksanaan pengajaran berjalan lancar sehingga proses pembelajaran memperoleh hasil yang maksimal.  Permasalahan dalam penelitian ini adalah calon guru (mahasiswa PAUD) belum mampu mengembangkan program harian (RPPH) secara mandiri dengan baik dan benar, ditambah lagi adanya perkembangan kurikulum menjadi tantangan tersendiri dalam penyusunan RPPH tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan calon guru (mahasiswa PAUD)  dalam membuat dan mengembangkan program harian (RPPH) melalui diskusi kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah calon guru (mahasiswa) PAUD FKIP Universitas Bengkulu berjumlah 72 orang. Data dikumpulkan berdasarkan hasil penilaian terhadap produk RPP yang telah dibuat dan dikembangkan oleh mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap semua kriteria penilaian atas RPPH yang telah disusun dan dikembangkan oleh mahasiswa PAUD FKIP Universitas Bengkulu setelah melalui pendekatan diskusi kelompok.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...