Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)
Vol. 7 No. 2 (2022)

PENGARUH ATTRACTIVENESS REVIEW VLOGGER TERHADAP PENINGKATAN AWARENES WISATA HALAL UNTUK GENERASI MILENNIAL DENGAN KEPUTUSAN BERWISATA SEBAGAI MEDIATOR

M. Mustaqim (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)
Nanik Wahyuningtiyas (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2022

Abstract

             Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi dan menjelaskan (1) Untuk mengetahui pengaruh Attractiveness berpengaruh terhadap Keputusan Berwisata; (2) Untuk mengetahui Attractiveness Expertise berpengaruh  terhadap Awareness; (3) Untuk mengetahui pengaruh Keputusan Berwisata berpengaruh terhadap Awareness; (4) Untuk mengetahui pengaruh Attractiveness terhadap Awareness  melalui Keputusan Berwisata sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan kuisioner, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang menjadi objek penelitian adalah wisatawan yang berkunjung di kawasan Pantai Malang Selatan. Pengujian analisis mengunakan path analisys. Hasil penelitian ini menunjukkan  a. Dalam pengujian awal dilihat dari nilai signifikannya variabel attractiveness berpengaruh positif terhadap keputusan berwisata, ini berarti jika attractiveness seorang vlogger meningkat dalam mereviev suatu tujuan wisata maka akan meningkat pula keputusan berwisata dari calon wisatawan yang menonton video vlogger tersebut. b. Hasil pengujian dari variabel attractiveness berpengaruh positif terhadap awareness ini berarti jika attractiveness seorang vlogger meningkat dalam mereviev suatu tujuan wisata maka akan meningkat pula awareness dari calon wisatawan yang menonton video vlogger tersebut. c. Hasil pengujian dari variabel keputusan berwisata berpengaruh positif terhadap awareness ini berarti jika variabel keputusan berwisata meningkat maka awareness akan wisata halal dari para wisatawan millennial pun akan meningkat. d. Hasil uji pengaruh attractiveness berpengaruh terhadap awareness melalui Keputusan Berwisata sebagai mediasi, didapati bahwa keputusan berwisata merupakan mediasi dikarenakan adanya peningkatan nilai pengaruh langsung dan dari hasil pengujian yang melalui varabel keputusan berwisata.Kata Kunci:  Attractiveness, Keputusan Berwisata, Awareness             This study aims to analyze and explain (1) to determine the effect of attractiveness on travel decisions; (2) To find out Attractiveness Expertise has an effect on Awareness; (3) To determine the effect of Travel Decisions on Awareness; (4) To determine the effect of Attractiveness on Awareness through Travel Decisions as a mediation. This study uses a data collection method with a questionnaire, with a quantitative approach. The population that is the object of research is tourists who visit the South Malang Beach area. Testing the analysis using path analysis. The results of this study indicate a. In the initial test, seen from the significant value of the attractiveness variable, it has a positive effect on travel decisions, this means that if the attractiveness of a vlogger increases in reviewing a tourist destination, it will also increase the travel decisions of potential tourists who watch the vlogger's video. b. The test results of the attractiveness variable have a positive effect on awareness, this means that if the attractiveness of a vlogger increases in reviewing a tourist destination, the awareness of potential tourists who watch the vlogger's video will also increase. c. The test results of the travel decision variable have a positive effect on awareness, this means that if the travel decision variable increases, the awareness of halal tourism from millennial tourists will also increase. d. The results of the attractiveness effect test affect awareness through Travel Decisions as a mediation, it was found that the decision to travel is a mediation due to an increase in the value of direct influence and from the test results through the travel decision variables.Keywords:  Attractiveness, Travel Decision, Awareness 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jimmu

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Journal of Scientific JIMMU Program master of Management UNISMA. JIMMU will be published twice in March and September. With the uniqueness of two times to enable the translation that can be done both quantitative and qualitative. making research into Indonesia's economy 4.0. The JIMMU topics include ...