Tujuan dari penelitian ini adalah 1).menganalisis proses implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di lingkungan sekolah SMK Muhamadiyah 1 Sukoharjo. 2).menganalisis kendala implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. 3). menganalisis mengatasi kendala implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan secara lapangan. Sumber data yang digunakan dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian 1).implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai releigius dilingkungan SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dilakukan dengan baik dan efektif melalui kegiatan keseharian seperti membiasakan mengucapkan salam, berjabat tangan, santun dalam berbicara, sopan dalam bersikap, dan saling menghormati baik guru maupun sesama teman. 2). kendala pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius peserta didik SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dilakukan dengan cara mengatasi kendala dalam implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di SMK kurangnya dukungan dari sekolah dan pihak terkait,kurangnya kompetensi guru, kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya minat siswa. 3). mengatasi kendala dalam implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di lingkungan sekolah SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo melakukan pelatihan dan diklat guru, menjalin kerja sama dengan pihak sekolah dan masyarakat,menyediakan fasilitas dan sarana pendukung, memberikan motivasi dan insentif,mengembangkan program yang menarik, menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif membuat program ekstrakurikuler, membuat program belajar dari masjid serta mengadakan kegiatan yang berhubungan denga keagamaan
Copyrights © 2023