Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Implementasi Media Belajar E-Learning Moodle Dalam Konteks Aktivitas Belajar Peserta Didik Di Sekolah Kejuruan Muhammadiyah 1 Sukoharjo

Triyono Triyono (Universitas Ahmad Dahlan)
Budi Santosa (Universitas Ahmad Dahlan)
Muhammad Sayuti (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perencanaan, implementasi, kendala dan evaluasi penggunaan media belajar E-learning Moodle dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan 1 swasta Muhammadiyah Sukoharjo.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian induktif kualitatif dipilih oleh peneliti karena memiliki beberapa keunggulan, seperti: memberikan keleluasaan untuk merubah desain penelitian, memfokuskan pada interpretasi dan persepsi subjek, memungkinkan untuk memahami perspektif subjek dan konteks mereka, mengidentifikasi pola dan tema dalam data, serta memahami konteks dan makna dari fenomena yang diteliti. Hasil penelitian E-learning Moodle bahwa implementasi media belajar E-learning Moodle dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan 1 swasta Muhammadiyah Sukoharjo perlu dilakukan dengan sebaik-baiknya, dengan memperhatikan kendala yang muncul dan mempersiapkan sumber daya yang memadai, sehingga dapat memberikan hasil yang optimal dan memberikan pengaruh positif terhadap proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...