JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 9, No 1 (2023)

Analisis Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa pada Kelas VIII.1 SMP Muhammadiyah 6 Padang

Suci Ratna Sari (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Sefna Rismen (Unknown)
Ramadoni Ramadoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan kepercayaan diri siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Muhammadiyah 6 Padang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kepercayaan diri siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket dan wawancara. Adapun analisis data pemahaman konsep matematis ditinjau dari kepercayaan diri siswa dianalisis berdasarkan indikator pemahaman konsep. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu siswa yang memiliki kepercayaan diri sangat baik dengan pemahaman konsep tinggi, sedang dan rendah secara umum berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 2 orang siswa. Siswa yang memiliki kepercayaan diri baik dengan pemahaman konsep tinggi, sedang dan rendah secara umum berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 7 orang siswa. Siswa yang memiliki kepercayaan diri cukup dengan pemahaman konsep tinggi, sedang dan rendah secara umum berada pada kategori yang sama yaitu sebanyak 1 orang siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...