Jurnal Edukasi Sumba (JES)
Vol. 6 No. 1 (2022)

Pola Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Agama Katolik di Kelas IV SDK Waiwondo, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Anjelina Jama Nukango (STKIP Weetebula)
Silvester Nusa (STKIP Weetebula)
Kanisius Kami (STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
09 May 2023

Abstract

“Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Mata Pelajaran Agama Katolik di Kelas IV SDK Waiwondo, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya”. Skripsi, Tambolaka: Program Studi Pendidikan Agama Katolik, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Weetebula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model, pendekatan atau cara pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui mata pelajaran Agama Katolik di kelas IV SDK Waiwondo, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter disiplin dan tanggung jawab siswa selalu diberikan dan dibentuk/ditanamkan oleh para guru di SDK Waiwondo baik pada jam belajar maupun di luar jam belajar berdasarkan tiga pola pembentukan yaitu; Insight, condisioning, dan modeling. Di jam belajar guru memberikan pemahaman kepada siswa baik melalui nasehat maupun pengajaran. Di luar pembelajaran guru dapat membentuk karakter siswa lewat contoh / teladan yang ditijukkan oleh guru serta aturan-aturan terus menerus dilakukan baik guru maupun siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi Sumba (JES) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2017 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, analisis pendidikan baik pada ...