Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran fisika guru SMA Sekecamatan Kota Tambolaka. Penelitian ini adalah penelitian survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah guru fisika yang mengajar dikelas XI IPA berjumlah 5 orang sebagai responden. setiap guru memilih satu kelas untuk sampel. Pengumpulan data meggunakan instrument lembar obeservasi. Data yang telah dikumpul dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS versi 16. Dalam penelitian ini variabel yang diteliti ada dua yaitu variabel perencanaan dan pelaksanaan. Analisi data menggunakan deskriptif korelasi berdasarkan uji korelasi sederhana yang dilakukan peneliti dengan bantuan SPSS versi 16 menunjukan bahwa hasil analisis uji hipotesis korelasi data penelitian, diperoleh nilai yang tidak signifikansi antara perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran fisika guru SMA Se-kecamatan Kota Tambolaka sebesar 0,117 yang berarti nilai signifikansi tersebut > 0,05. Dari data analisis korelasi sehingga dapat bermakna hipotesis (Ho) ditolak, artinya tidak terdapat hubungan antara perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran fisika guru SMA Se-kecamatan Kota Tambolaka. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Artinya ada tidak ada hubungan signifikan antara perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran fisika guru SMA Se-kecamatan Kota Tambolaka.
Copyrights © 2021