Jurnal Edukasi Sumba (JES)
Vol. 5 No. 2 (2021)

ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA

Anita Rosfita Ina (STKIP Weetebula)
Yohanis Umbu Kaleka (STKIP Weetebula)
Yulita Adelfin Lede (STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Peneliti bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika siswa. Penggunaan model dalam pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat berpengaruh dan yang perlu dipertimbangkan oleh guru sehingga dapat membantu siswa dalam menunjang pemahaman konsep fisika yang baik. Dalam hal ini model yang digunakan harus sesuai dengan keadaan siswa. Salah satu upaya untuk mengatasinya dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka dengan menganalisis artikel jurnal dan skripsi yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Semua artikel jurnal dan skripsi menyatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Model pembelajaran Problem Based Learning melibatkan peserta didik dalam suatu kegiatan dan memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam memecahkan masalah serta menemukan solusi dari masalah tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi Sumba (JES) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2017 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, analisis pendidikan baik pada ...