Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP)
Vol. 3 No. 1 (2023): Prosiding SNIP Vol.3 No.1

Optimalisasi Condition Based Maintenance (CBM) untuk Meningkatkan Keandalan Peralatan Critical Upk Sebalang dengan Penerapan Teknologi Thermography

Khairul Anwar (PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan, Palembang, Sumatera Selatan 30131)
Irza Sukmana (Jurusan Program Profesi Insinyur, Universitas Lampung, Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro, Bandar Lampung 35145)
A. Yudi Eka Risano (Jurusan Program Profesi Insinyur, Universitas Lampung, Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro, Bandar Lampung 35145)



Article Info

Publish Date
15 May 2023

Abstract

Penerapan Condition Based Maintenance (CBM) untuk meningkatkan keandalan peralatan pembangkit di PLTU Sebalang PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan secara umumnya dan Unit Pelaksana Pembangkitan Sebalang secara khususnya. Dalam perjalanannya, PLTU Sebalang yang diserahkan pada PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan tidak sepenuhnya berada di dalam kondisi yang baik sehingga diperlukan banyak perbaikan agar PLTU Sebalang ini dapat mencapai performa yang baik. Fokus pembahasan makalah ini mencakup tentang strategi tim Pemeliharaan Prediktif untuk mengoptimalisasikan pelaksanaan Condition Based Maintenance (CBM) pada peralatan critical di Unit Pelaksanaan Pembangkitan Sebalang untuk meningkatkan keandalan aset pembangkit. Salah satu program peningkatan keandalan aset pembangkit yakni dengan cara melaksanakan kegiatan Predictive Maintenance (PdM), adanya kegiatan PdM ini membuka peluang munculnya pola pemeliharaan CBM (Condition Based Maintenance) yang berdasarkan database Asset Wellness dan rekomendasi PdM. Pola pemeliharaan CBM memberikan manfaat yang besar bagi proses bisnis pembangkit ini antara lain : memberikan pemetaaan kesehatan peralatan pembangkit, meningkatkan efektifitas pemeliharaan dengan fokus terhadap peralatan yang bermasalah (prioritisasi), optimalisasi asset pembangkit sehingga mengurangi biaya pemeliharaan asset serta sebagai quality control pelaksanaan pemeliharaan periodik (overhaul).

Copyrights © 2023