Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP)
Vol. 3 No. 1 (2023): Prosiding SNIP Vol.3 No.1

Perencanaan Pengembangan Rumah Sakit Mardi Waluyo Metro Dengan Analisa Konsep Iklim Dan Kebisingan.

Desiman Parlindungan Sihaloho (PT. Medisain Dadi Sempurna, Jalan Tumpang Raya Semarang, Jawa Tengah)
Dikpride Despa (Program Profesi Insinyur Fakultas Teknik Universitas Lampung, JL. Prof. Soemantri Brojonegoro, Bandar Lampung 35145)
Gigih Forda Nama (Jurusan Program Profesi Insinyur, Universitas Lampung, Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro, Bandar Lampung 35145)



Article Info

Publish Date
15 May 2023

Abstract

Berkembang pesatnya suatu wilayah perkotaan berdampak pula pada pengembangan fasilitas umum pada masyarakat kota tersebut. Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis (Undang Undang Republik Indonesia No. 36 Tahun 2009). Pengembangan perkotaan sangat memerlukan pembangunan di segala bidang, diantaranya pembangunan bidang kesehatan. Pembangunan itu harus didukung oleh fasilitas dan sistem zonasi dan sirkulasi rumah sakit. Semakin berkembanganya kota Metro, maka kebutuhan fasilitas kesehatan juga akan meningkat. Rumah Sakit Mardi Waluyo saat ini perlu pengembangan sarana dan prasarana karena fasilitas yang ada saat ini kurang memadai terlebih bila diprediksikan peningkatan kebutuhan di masa mendatang. Sistem Zonasi dan Sirkulasi dalam bidang rumah sakit merupakan proses pengumpulan, pengelolahan, penyajian data kegiatan pelayanan, mobiditas/mortalitas, ketenagaan, data dasar dan peralatan rumah sakit baik dilakukan secara manual dan komputerisasi. Dengan tersedianya informasi bagi masyarakat umum, baik itu informasi fasilitas layanan, zonasi dan sirkulasi yang ideal di Rumah Sakit Mardi Waluyo dapat membantu pengembangan kota Metro dalam bidang layanan Kesehatan.

Copyrights © 2023