NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni

Analisis Analisis kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berdasarkan Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert Di MA Al-Qodiri Jember

Asrori Septa Sugianto (Universitas Islam Negeri Kyai Achmad Siddiq, Jember)
Ulfin Nadiroh Yustika (Universitas Islam Negeri Kyai Achmad Siddiq, Jember)
Muhammad Agus Masud Maulana (Universitas Islam Negeri Kyai Achmad Siddiq, Jember)
Indah Wahyuni (Universitas Islam Negeri Kyai Achmad Siddiq, Jember)



Article Info

Publish Date
27 May 2023

Abstract

Penelitian ini menyadari pentingnya fokus pada ciri-ciri kepribadian dan kemampuan berpikir kritis untuk mendukung keberhasilan siswa dalam belajar matematika. Dalam penelitian ini tipe kepribadian ekstrovert dan introvert menggambarkan proses berpikir kritis matematis siswa. Dengan menggunakan pendekatan eksploratif ini, empat siswa XII IPA 1 MA Al-Qodiri Gebang Jember dijadikan sebagai subjek penelitian kualitatif. Rapat, survei tipe karakter, dan tes kemampuan penalaran adalah instrumen yang digunakan untuk menentukan angka. Menurut temuan, orang yang ramah lebih baik dalam memecahkan masalah daripada orang bijak dalam melakukannya, tetapi mereka kurang mendalam saat menelitinya. Subjek yang lebih reseptif juga membuat penilaian yang salah dan kurang tepat saat menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada. Sementara itu, orang introvert sering mengevaluasi kembali pilihan mereka sebelum mengambil keputusan karena mereka biasanya tenang, hati-hati, dan teliti. Siswa introvert dapat membangun argumen mereka, bahkan jika mereka tidak dapat menulisnya dengan tepat, dengan memperluas informasi sebelumnya dan menyatakan langkah-langkah yang diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Numbers (Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam) is an-Opened Access journal which contains the results of research and literature studies and published four times a year every January, April, July, November. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) ...