cover
Contact Name
Lukman Nurhakim
Contact Email
lukmannurhakim@iaisambas.ac.id
Phone
+6285161018819
Journal Mail Official
lukmannurhakim@iaisambas.ac.id
Editorial Address
Tanjung Mentawa, Kel. Tanjung Mekar, Kec. Sambas, Kab. Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Published by CV. Adiba Aisha Amira
ISSN : -     EISSN : 29853885     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Numbers (Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam) is an-Opened Access journal which contains the results of research and literature studies and published four times a year every January, April, July, November. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) in term of mathematics, mathematics education and Natural Sciences in school and education institutions. The journal welcomes contributions in such areas of current analysis in: Mathematics in school and educational institutions Mathematics learning material and ethnomathematics in mathematics learning material. Mathematics education in school and educational institutions Curriculum Development, Learning Methods, Learning Materials, Learning Media, Assessment, Information and Communications Technology in Mathemarics Learning, Mathematics Skill, Ethnomathemarics and Other Mathematics Learning Analysis. Natural Sciences in school and education institutions Curriculum Development, Learning Methods, Learning Materials, Learning Media, Assessment, Information and Communications Technology in Natural Sciences Learning, Natural Sciences Skill and Other Natural Sciences Learning Analysis.
Articles 27 Documents
Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Geometri Dan Solusinya Di Sekolah Non Formal Nadya Febriani Meldi
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Januari - Maret
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.242 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang digunakan untuk menganalisis miskonsepsi peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII. Hasil ulangan harian kelas VII pada materi phytagoras diperolah hasil 63% siswa yang mencapai KKM dan 37% belum mencapai KKM. Walaupun persentasi yang mencapai KKM lebih tinggi dari yang tidak mencapai KKM, jika dilihat dari nilai rata-ratanya diperoleh 73.2 melampaui nilai standar KKM dan bahkan ada satu siswi yang mendapat nilai sempurna yaitu 100, namun sangat jauh perbedaannya jika dibandingkan dengan siswi yang tidak tuntas dengan nilai terendah 35. Secara keseluruhan dari 10 siswa pada materi koordinat diperoleh 3 miskonsepsi, pada materi persamaan garis lurus diperoleh 1 miskonsepsi, pada materi phytagoras terdapat 3 miskonsepsi, pada materi lingkaran terkhusus pada hubungan sudut pusat dan sudut keliling diperoleh 2 miskonsepsi dan pada materi bangun ruang diperoleh 1 miskonsepsi. Setelah ditelaah lebih lanjut dirumuskan bahwa miskonsepsi yang terjadi merupakan sebab akibat dari kebiasaan yang hanya menjadi penghapal rumus saja tanpa memaknainya.
Comic Math Dengan Pendekatan Etnomatematika Permainan Tradisional Engklak Pada Materi Bangun Datar Abd. Rauf BT; Juandi
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Januari - Maret
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1291.824 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan comic math dengan pendekatan etnomatematika permainan tradisional engklak pada materi bangun datar yang valid, praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model menurut Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 7 langkah yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dan angket. Angket digunakan untuk validasi ahli, respon guru dan siswa. Penelitian ini menghasilkan comic math dengan tingkat kevalidan sebesar 93,33% dengan kriteria sangat layak hasil angket respon guru dan siswa dengan rata-rata sebesar 88% dengan kriteria layak.
Analisis Miskonsepsi Geometri Pada Siswa Kelas Viii Di SMP Negeri 1 Anjongan Rohmah Pila Khoriyani; Lukman Nurhakim
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Januari - Maret
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2259.612 KB)

Abstract

Peringkat PISA Indonesia untuk kategori matematika pada tahun 2018 berada pada urutan 73 dari 79 negara. Kemudian Indonesia berada pada urutan 44 dari 49 negara pada TIMSS tahun 2015, dan Indonesia tidak berpartisipasi untuk TIMSS terbaru pada tahun 2019. Pada materi koordinat kartesius diperoleh rata-rata nilai 29 siswa sebesar 67,5 dari skor maksimal 100. Jika dilihat dari KKM yang ditetapkan sebesar 76, maka rata-rata nilai ini masih berada di bawah ketuntasan klasikal. Ditemukan bahwa Miskonsepsi yang ditemukan pada jawaban siswa pada masing-masing soal terjadi satu miskonsepsi, yaitu pada materi koordinat kartesius, persamaan garis lurus, lingkaran dan bangun ruang. Sedangkan pada materi teorema phytagoras tidak ditemukan adanya miskonsepsi, penyebab terjadinya miskonsepsi siswa dikarenakan pembelajaran yang berlangsung seringkali hanya berupa hafalan rumus, dan rendahnya kemampuan spasial siswa dan untuk mengatasi terjadinya miskonsepsi perlu dikuasainya materi prasyarat, hindari pembelajaran yang berupa hafalan serta berikan pengalaman belajar siswa untuk membangun konsep dengan utuh melalui pembelajaran yang berpusat pada siswa.
Efektifitas Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Peserta Didik Nur'aisyah
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 1 (2023): Januari - Maret
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1411.007 KB)

Abstract

Hasil survei yang dilakukan peneliti terhadap guru kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sambas bahwa sebagian besar siswa bisa memahami soal dan dapat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran IPA. Hal tersebut bisa dilihat dari nilai siswa yang didapat. Jenis penelitian yang akan dilakukan yaitu penelitian kualitatif melalui kajian pustaka dengan cara menganalisis isi sesuai dengan variabel yang ada pada penelitian ini. Saat memberikan tugas kepada peserta didik harus memperhatikan fase Pemberian Tugas , dalam fase ini guru harus Memperhatikan tujuan yang akan dicapai, Jenis tugas harus jelas dan sesuai dengan materi, Tugas harus sesuai dengan kemampuan peserta didik, Memberikan petunjuk untuk mengerjakan tugas, dan Waktu yang diberikan cukup, fase Pelaksaan Tugas, dalam fase ini disarankan Guru memberikan bimbingan atau pengawasan, Guru memberikan motivasi untuk mengerjakan tugas, Tugas dikerjakan sendiri oleh siswa, Guru menjelaskan & memberikan contoh akan tugas yang diberikan, dan Guru mencatat skor yang diperoleh siswa, dan fase mempertanggungjawabkan tugas, hal yang harus dilakukan pada fase ini yaitu Peserta didik mengumpulkan laporan berupa lisan atau tertulis, Terdapat tanya jawab/ diskusi, dan Guru memberikan peniaian pada hasil pekerjaan peserta didik.
Analisis Tingkat Kemampuan Metakognitif Siswa Dari Aspek Review Dikelas VII SMP Islam Terpadu Sulthoniyah Sambas Mutazam, M.Pd.
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1193.239 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan metakognitif siswa SMP IT Sulthoniyah Sambas. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penggunaan Strategi metakognitif dalam pemecahan masalah matematika akan menuntun siswa untuk memahami dan mengontrol proses berpikirnya, menganalisis, objektif, cermat dan logis dalam memecahkan masalah matematika yang sedang dihadapinya. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP IT Sulthoniyah Sambas, yang terdiri dari 34 siswa dengan menggunakan metode angket, soal tes dan dilengkapi dengan adanya wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif siswa dari review (aspek pengecekkan kembali) mendapatkan respon siswa pada rata-rata persentasi 63% dengan demikian keterampilan metakognitif siswa SMP IT Sulthoniyah sambas masih tergolong cukup.
Analisis Implementasi Kurikulum 2013 SMA Negeri 1 Sikap Dalam Ditinjau Dari Standar Proses Pembelajaran Biologi Kelas XI Pada Masa Pandemi Covid-19 Mita Asmara; Meri Sri Hartati
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 SMA Negeri 1 Sikap Dalam ditinjau dari standar proses pembelajaran biologi kelas XI pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menganalisis RPP yang dibuat oleh guru biologi kelas XI dan mengamati kegiatan proses pembelajaran. Data dan sumber data pada penelitian ini terdiri dari data primer (guru biologi, waka kurikulum dan siswa) dan data sekunder (silabus dan RPP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum implementasi kurikulum 2013 SMA Negeri 1 Sikap Dalam ditinjau dari standar proses pembelajaran biologi kelas XI pada masa pandemi covid-19 sudah berjalan baik. Implementasinya sesuai dengan permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang standar proses. Pada masa pandemi covid-19 kurangnya jam mengajar, banyaknya materi pelajaran dan kurangnya minat belajar siswa menjadi menjadi tantangan bagi guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013.
Analisis Analisis kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berdasarkan Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert Di MA Al-Qodiri Jember Asrori Septa Sugianto; Ulfin Nadiroh Yustika; Muhammad Agus Masud Maulana; Indah Wahyuni
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menyadari pentingnya fokus pada ciri-ciri kepribadian dan kemampuan berpikir kritis untuk mendukung keberhasilan siswa dalam belajar matematika. Dalam penelitian ini tipe kepribadian ekstrovert dan introvert menggambarkan proses berpikir kritis matematis siswa. Dengan menggunakan pendekatan eksploratif ini, empat siswa XII IPA 1 MA Al-Qodiri Gebang Jember dijadikan sebagai subjek penelitian kualitatif. Rapat, survei tipe karakter, dan tes kemampuan penalaran adalah instrumen yang digunakan untuk menentukan angka. Menurut temuan, orang yang ramah lebih baik dalam memecahkan masalah daripada orang bijak dalam melakukannya, tetapi mereka kurang mendalam saat menelitinya. Subjek yang lebih reseptif juga membuat penilaian yang salah dan kurang tepat saat menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada. Sementara itu, orang introvert sering mengevaluasi kembali pilihan mereka sebelum mengambil keputusan karena mereka biasanya tenang, hati-hati, dan teliti. Siswa introvert dapat membangun argumen mereka, bahkan jika mereka tidak dapat menulisnya dengan tepat, dengan memperluas informasi sebelumnya dan menyatakan langkah-langkah yang diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Perancangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan MIT App Inventor dan Geogebra pada Materi Kalkulus Devi Aprianti Rimadhani Agustini; Muhamad Rizki Wahyuddin; Rifty Pradana Gunawan
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi yang cukup pesat memberi dampak yang besar termasuk dalam dunia pendidikan. Berbagai media pembelajaran kini dikembangkan dengan sentuhan teknologi yang akrab disebut sebagai pembelajaran digital, tidak terkecuali dalam pembelajaran matematika. Salah satu media pembelajaran digital yang banyak dikembangkan adalah media pembelajaran berbasis Android. Pada penelitian ini, aplikasi pembelajaran matematika berbasis Android dibangun menggunakan MIT App Inventor dan Geogebra. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi android untuk pembelajaran matematika pada materi mengenai kalkulus khususnya kurva ketinggian suatu fungsi dua peubah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan model pengembangan Multimedia DevelopmentĀ  Life Cycle (MDLC) atau metode Luther yang terdiri dari enam tahapan, yaitu tahap konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan aplikasi, pengujian dan distribusi. Adapun pengujian perangkat lunak dilakukan melalui metode black-box. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model MDLC dapat digunakan dalam membangun media pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan fungsional aplikasi.
Integrasi Integrasi Matematika Terpadu Bernuansa Islam Dalam Materi Geometri Berkonteks Fikih Ulfin Nadiroh Yustika; Gilang Dzulfikri Ramadani; Nur Ikromah; Mohammad Zainur Roziqin; Mohammad Kholil
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 3 (2023): Juli - September
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Integrasi adalah suatu ilmu yang akan selesai jika dikaitkan atau dikoordinasikan dengan berbagai bidang. Dan matematika adalah penguasa ilmu karena ia menawarkan jenis bantuan untuk berbagai bidang yang berhubungan dengan aritmatika yang dapat diterapkan ke berbagai bidang. Bisa disimpulkan bahwa integrasi matematika adalah suatu ilmu atau bidang yang dikaitkan dengan bidang yang berhubungan dengan aritmatika yang diterapkan ke berbagai bidang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan pemahaman siswa tentang geometri sekaligus memperkuat pemahaman mereka tentang ajaran Islam. Sumber data dalam penelitian ini adalah Al-quran, hadis, dan beberapa sumber referensi berupa artikel berkesinambungan dengan judul penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan kajian literatur. Kajian ini mengumpulkan datanya dengan membaca sejumlah artikel tentang matematika terpadu, Alquran, dan hadits. Harapannya hal ini dapat membantu siswa untuk melihat keterkaitan antara matematika dan agama.
Penggunaan Pengasapan dalam Pembelajaran Sistem Respirasi Bermuatan Sustainability Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Eny Hartadiyati W.H; ipah Budi Minarti; Sinta Nurdianawati
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kognitif dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pengasapan ikan di desa Banggi kabupaten Rembang dalam pembelajaran bermuatan sustainability sebagai sumber belajar materi sistem respirasi kelas XI. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun 2017/ 2018 dengan populasi penelitian yang digunakan yaitu kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Lasem. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang. Tehnik pengambilan data yaitu menggunakan purposive sampling dan metode yang digunakan yaitu quasi eksperimental design dengan desain penelitian noequivalent control group design. Hasil analisis uji t dari posttest hasil belajar kognitif dan kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dan kontrol adalah signifikan. Hal ini menunjukkan ada perbedaan signifikan antara hasil belajar kognitif dan kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dan kontrol. Analisis data menunjukkan ada peningkatan hasil belajar kognitif kelas eksperimen sebesar 0,62 termasuk kategori sedang. Sedangkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen sebesar 0,63 termasuk kategori sedang. Kesimpulannya bahwa penggunaan pengasapan ikan di desa Banggi kabupaten Rembang dalam pembelajaran sistem respirasi bermuatan sustainability berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA.

Page 1 of 3 | Total Record : 27