Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 3 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pengaruh Strategi Bisnis dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Makanan dan Minuman Di BEI

Melisa Kurnia Asfitri (Politeknik Negeri Sriwijaya)
Ardin Rozandi (Universits Nusa Putra)



Article Info

Publish Date
12 May 2023

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bisnis dan pertumbuhan penjualan terhadap manajamen laba pada perusahaan manufaktur makanan dan minuman di BEI. Penelitian kuantitatif adalah metode yang digunakan. Populasi penelitian sebanyak 51 perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman dan terdaftar di BEI antara tahun 2020-2022. Sampel penelitian melibatkan 39 perusahaan. Laporan keuangan perusahaan diterapkan dalam sumber data sekunder. Descriptive statistics, classical assumption test, multiple linear regression analysis, and hypothesis testing digunakan untuk menganalisis data. Adjusted R square value 0,496, membuktikan strategi bisnis dan pertumbuhan penjualan dapat menerangkan hingga 49,6% variasi variabel manajemen laba, sedangkan faktor yang tidak dimasukkan dalam persamaan atau tidak diperhitungkan menjelaskan sisanya 50,3 %.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...