Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Organisasi Siswa Pesantren El-Alamia (OSPELA) terhadap hasil belajar bahasa Arab di Pondok Pesantren EL-Alamia Bogor. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Dengan sampel yang berjumlah 40 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelompok, pertama kelompok kontrol yang kedua kelompok eksperimen. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, dokumentasi, angket dan test. Adapun test yang digunakan berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dengan desaign Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas XI mata pelajaran bahasa Arab di kelas eksperimen yang mengikuti organisasi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 81.75 sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 78.25, maka bisa dikatakan terdapat pengaruh organisasi OSPELA terhadap hasil belajar Bahasa Arab secara signifikan. yang diperoleh dari koofesian nilai dari uji t sebesar sebesar 0.423 Maka t hitung 5.150 > t tabel 0.423. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Organisasi Siswa Pesantren El-Alamia (OSPELA) terhadap hasil belajar bahasa Arab di Pondok Pesantren EL-Alamia Bogor. Kata Kunci: Bahasa Arab, Hasil Belajar, Organisasi
Copyrights © 2023