Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
Vol 4, No 1 (2022): April 2022

Hubungan antara Kualifikasi Akademik dan Kompetensi dengan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMA Negeri se Kota Malang

Icca Nabilah Nisa (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Djum Djum Noor Benty (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Asep Sunandar (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Desi Eri Kusumaningrum (Universitas Negeri Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kualifikasi akademikTAS, mendeskripsikan tingkat kompetensi TAS, mendeskripsikan tingkat kinerja TAS,mengetahui hubungan antara kualifikasi akademik dan kompetensi TAS, mengetahuihubungan antara kualifikasi akademik dan kinerja TAS, mengetahui hubungan antarakompetensi dan kinerja TAS, mengetahui hubungan antara kualifikasi akademik dankompetensi dengan kinerja TAS. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri se Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif- korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dan Simple Random Sampling. Populasi penelitian berjumlah 270 orang dengan sampel berjumlah 161 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif, korelasi Product Moment Pearson, dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kualifikasi akademik TAS berada dalam kategori sangat tinggi, tingkat kompetensi TAS berada dalam kategori sangat tinggi, tingkat kinerja TAS berada dalam kategori sangat tinggi, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik dan kompetensi TAS, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik dan kinerja TAS, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi dan kinerja TAS, secara simultan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik dan kompetensi dengan kinerja TAS di SMA Negeri se Kota Malang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal’s focus is on the studies of management and leadership in schools. The scope: • School planning. • Program and project management in school. • School resources management. It includes management of educational personnel, curriculum, student affairs, school finance, infrastructure ...